Saturday, September 12, 2015

iblis sempat bernasihat langsung kepada Nabi Musa as

# Iblis Sempat Bernasihat Langsung Kepada Musa AS
Pada suatu ketika, Nabi Musa as sedang duduk dalam suatu majelis, hingga datanglah seseorang yang mengaku bernama iblis dengan memakai mantel berwarna-warni.
Setelah ia dekat dengan Nabi Musa as, maka mantelnya dilepas dan diletakkannya. Terjadilah dialog berikut :
Iblis: Assalamu'alaikum wahai Musa.
Nabi Musa as: 'Alaihissalam, siapakah Anda ini?
Iblis: Saya adalah Iblis.
Nabi Musa as: Semoga Allah SWT tidak memberi penghargaan padamu. Apa maksudmu datang kemari?

Iblis: Aku datang kepadamu untuk masuk Islam karena kedudukanku di sisi Allah SWT.
Nabi Musa as: Apa yang engkau ketahui tentang dirimu?
Iblis: Aku selalu menggoda hati para hamba Allah SWT.

Nabi Musa as: Apakah sesuatu yang dilakukan manusia, kemudian kamu menguasainya?
Iblis: Jika ia menyombongkan diri, jika ia merasa banyak amalnya, dan jika ia lupa pada dosa-dosanya.

Tiga hal pesan Iblis kepada Nabi Musa as.

1. Ingatlah kepadaku ketika engkau marah, karena petunjukku ada di dalam hatimu, dan mataku ada di dalam matamu, serta aku berjalan di tubuhmu melalui jalannya darah.
2. Ingatlah kepadaku ketika engkau dalam pertempuran, dalam peperangan. Karena aku datang pada anak Adam untuk mengganggu ketika bertempur. Aku ingatkan tentang keluarganya dan hartanya.
3. Jangan sekali-kali di tempat sepi bersama seorang perempuan.
(Maksudnya dia iblis akan mengganggu supaya keduanya sama-sama terjerumus).

No comments: