Sunday, November 1, 2015

menjadi jalan kebaikan seperti abu bakar ra

# Menjadi Jalan Kebaikan Seperti Sayyidina Abu Bakar Siddiq ra.

LIMA dari sepuluh sahabat yang diberikan jaminan kegembiraan mendapatkan surga adalah memeluk Islam melalui Abu Bakar Shiidiq, mereka adalah: Utsman bin Affan, Abdurrahman bin 'Auf, Zubair bin 'Awwam, Thalhah bin 'Ubaidillah, Sa'ad bin Abi Waqqash. Sungguh mulia dan berbahagialah Abu Bakar yang menjadi jalan kebaikan bagi orang lain.

Kita harus menjadi seperti Abu Bakar Shiddiq, yakni menjadi sumber inspirasi dan jalan kebaikan dan kemuliaan orang lain. Sungguh celaka dan semoga Allah menjauhkan diri kita menjadi perangsang negatif pada orang lain. Memperbaiki diri dan kesiapan mengajak orang lain menjadi lebih baik adalah salah satu langkah awal yang perlu mendapatkan perhatian.

Tutuplah semua pintu menuju hal negatif (sadd al-dzari'ah) dan bukalah semua pintu menuju hal positif (fath al-dzari'ah). Ini adalah langkah kedua yang perlu dijadikan prioritas dalam mewujudkannya. Mana yang positif dan mana yang negatif, apa yang baik dan apa yang jelek sesungguhnya telah disepakati oleh agama dan akal sehat.

Lalu ada pertanyaan "mengapa baik dan jelek, benar dan salah, indah dan buruk menjadi perdebatan? Lalu siapakah yang harus kita ikuti?" Jawabannya adalah karena disitu ada nafsu dan kepentingan.
Ikutilah mereka yang telah mampu menundukkan hawa nafsu, ikutilah mereka yang tidak lagi memiliki kepentingan kecuali kepentingan kebahagiaan bersama di dunia dan akhirat kelak. Bergurulah kepada mereka.

sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1071015262930929&id=245939602105170

Baca Juga
- 10 Sahabat Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga

No comments: