Friday, April 28, 2017

10 nama malaikat dan tugasnya


10 nama Malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui

Salah satu dari rukun iman adalah iman kepada para Malaikat. Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT dan diciptakan dari Cahaya (Nur)

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan kepada kalian (tanah).” (HR. Muslim no. 2996)

Para Malaikat adalah makhluk tanpa memiliki orangtua maupun anak. Mereka tidak memiliki hawa nafsu sedikitpun. Dan mereka adalah makhluk yang paling taat dan sama sekali tidak berani melanggar perintah Allah SWT.

Sifat-Sifat Malaikat 

Malaikat adalah makluk yang paling taat kepada Allah SWT dan mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :

  1. Patuh dan tidak berani melanggar perintah Allah SWT.
  2. Tidak berani berbuat dosa dan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT
  3. Selalu beribadah dan berdzikir kepada Allah SWT
  4. Hatinya bersih dari sifat sombong, ujub dan penyakit-penyakit hati
  5. Selalu memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman
  6.  Dapat berubah wujud menjadi manusia sesuai yang mereka kehendaki dengan izin dari Allah.

10 Jenis Malaikat dan Tugasnya
Jumlah malaikat jumlahnya sangat banyak. Ada 10 jenis malaikat yang waib diketahui oleh umat islam yaitu


  • 1. Malaikat Jibril

    Tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul sejak nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW. Jadi Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul yang mendapatkan wahyu langsung dari malaikat jibril

  • 2. Malaikat Mikail

    Tugas Malaikat Mikail adalah menyebarkan rezeki kepada makhluknya sesuai dengan yang Allah SWT tetapkan. Bentuk Rezeki bermacam-macam dari keselamatan, kesehatan, hujan, harta dan lain-lain.

  • 3-4 Malaikat Raqib dan Atid

    Tugas Malaikat Raqib dan Atid adalah mencatat amal-amal kita selama hidup di dunia.

    Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat perbuatan-perbuatan baik.

    Malaikat Atid bertugas untuk mencatat perbuatan-perbuatan buruk


    Catatan amal ini akan menentukan pada hari hisab di akherat. Jika Catatan amal kita baik maka kita akan dimasukkan ke dalam surga. Dan jika catatan amal kita buruk maka kita akan dimasukkan ke dalam neraka.

  • 5. Malaikat Izrail

    Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa setiap makhluk di dunia setelah ajal hidup didunia habis.

  • 6-7 Malaikat Munkan dan Nakir


    Tugas Malaikat Munkar dan Nakir adalah malaikat yang bertugas menghisab di alam Kubur. Para malaikat ini akan mendatangi ruh orang yang baru dikuburkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan menentukan apakah mereka selamat di alam kubur atau disiksa sampai hari dibangkitkan.

  • 8. Malaikat Israfil

    Tugas Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala yang menjadi pertanda dunia sudah kiamat. Kemudian malaikat Israfil meniup Sangsakala untuk membangkitkan manusia untuk dihisab di hari akherat.

  • 9. Malaikat Malik

    Tugas Malaikat Malik adalah Pimpinan malaikat yang menjaga dan menyiksa di neraka. Malikat malik digambarkan sebagai malaikat yang tegas dan tidak punya rasa kasihan terhadap para penghuni neraka sedikipun.

    Allah berfirman;

    Artinya: Mereka (penduduk neraka) berseru: “Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja”. Dia menjawab: “Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)”. (QS Az-Zukhruf : 77)

  • 10. Malaikat Ridwan

    Tugas Malaikat Ridwan adalah untuk menjaga Surga agar penduduknya merasa aman dan sejahtera. Salah satu tugas malaikat ridwan adalah menyambut kedatangan orang-orang beriman ketika mereka akan memasuki surga dengan ucapan selamat dan muka yang sangat enak dipandang.

Masih banyak lagi para malaikat-malaikat Allah SWT. Dengan mempelajari para malaikat ini maka kita semakin yakin bahwa dunia itu sementara dan akherat itu abadi. Dan kita pun semakin kuat dalam memahami Rukun Iman.

Baca Juga
- Apa itu Tauhid atau Akidah

No comments: