Tuesday, August 23, 2016

macam macam azab di neraka

Macam-Macam Azab di Neraka.

Azab yang terjadi di neraka bermacam-macam. Kami akan menyebutkan beberapa hal yang sering kita dengar.


  1. Orang yang paling dahsyat siksanya

    Dari Ibnu Masud, Rasulullah berkata: Orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar (makhluk bernyawa)." (HR. Ahmad. Lihat Shahihul Jami no. 1559)

    Dari Ibnu Masud juga, Rasulullah berkata, "Sesungguhnya orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat adalah seseorang yang membunuh Nabi atau dibunuh oleh Nabi, dan seseorang yang membuat berhala." (HR. Ahmad. Lihat Shahihul Jami no. 1011)

    Dari Khalid bin Walid, Rasulullah berkata, "Manusia yang paling dahsyat siksanya adalah orang yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia." (HR. Ahmad. Lihat Shahihul Jami no. 1009)
  2. Tangisan penduduk neraka

    Allah berfirman:Mereka merintih di dalam api dan mereka di dalamnya tidak bisa mendengar." (al-Anbiya: 100)

    Dari Abdullah bin Qais, Rasulullah berkata, "Sungguh penduduk neraka akan menangis. Seandainya perahu dijalankan di genangan air mata mereka, niscaya perahu tersebut akan berjalan. Kemudian mereka akan menangis darah sebagai ganti air mata mereka." (HR. Ibnu Majah, lihat ash-Shahihah no. 1679)
  3. Lolongan penghuni neraka

    Dari Abu Umamah al-Bahili, dia mengatakan, "Aku mendengar Rasulullah berkata, "Datang dua orang laki-laki, lalu memegang kedua lenganku dan membawaku ke gunung yang susah dilalui. Keduanya berkata, Naiklah. Aku jawab, Aku tidak bisa. Keduanya berkata, Kami akan mempermudahmu. Aku pun naik. Ternyata aku di dataran gunung. Tiba-tiba aku mendengar suara yang keras. Aku katakan, Suara apa itu? Keduanya berkata, Itu adalah lolongan penduduk neraka." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Lihat ash-Shahihah no. 3951, dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh Muqbil dalam ash-Shahihul Musnad)
  4. Azab bagi orang yang berbuka di bulan Ramadhan sebelum waktunya

    Dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah berkata, " Kemudian keduanya membawaku, ternyata ada satu kaum yang digantung dalam keadaan kaki di atas dan mulut mereka robek-robek. Darah mengalir dari mulut mereka. Aku berkata, Siapa mereka? Keduanya menjawab, Mereka adalah orang yang berbuka di bulan puasa sebelum dihalalkan berbuka." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Lihat ash-Shahihah no. 3951, dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh Muqbil dalam ash-Shahihul Musnad)
  5. Azab bagi pezina

    Masih hadits dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah berkata, " Kemudian keduanya membawaku, ternyata ada satu kaum yang tubuh mereka sangat besar, bau tubuhnya sangat busuk, paling jelek dipandang, dan bau mereka seperti bau tempat pembuangan kotoran (comberan). Aku tanyakan, Siapakah mereka? Keduanya menjawab, Mereka adalah pezina laki-laki dan perempuan." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Lihat ash-Shahihah no. 3951, dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh Muqbil dalam ash-Shahihul Musnad)
  6. Azab bagi wanita yang tidak mau menyusui anaknya

    Pada lanjutan hadits Abu Umamah al-Bahili di atas, Rasulullah berkata, " Kemudian keduanya berangkat membawaku, ternyata ada wanita-wanita yang puting susu mereka digigit ular. Aku bertanya, Siapa mereka? Keduanya menjawab, Mereka adalah wanita yang tidak mau memberikan air susu mereka kepada anak-anak mereka." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Lihat ash-Shahihah no. 3951, dan dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh Muqbil dalam ash-Shahihul Musnad)
  7. Ular dan kalajengking neraka

    Rasulullah memberitakan bahwa jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kalajengking di neraka, apabila menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. (HR. al-Baihaqi, lihat ash-Shahihah no. 3429)
  8. Penduduk neraka yang paling ringan azabnya

    Dari Abu Hurairah, Nabi berkata, "Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah seseorang yang dipakaikan kepadanya dua sendal dari api neraka, lantas mendidih otaknya karenanya." (HR. Ahmad dan al-Hakim, lihat ash-Shahihah no. 1680)


Baca Juga
- Artikel tentang akherat

No comments: